Cari

Senin, 16 November 2015

Tutorial Membuat Daftar Isi Skripsi Otomatis




Halo teman-teman, khususnya kamu yang lagi skripsi (semangat!), lebih khusus lagi buat kamu yang mau bikin daftar isi buat skripsinya ;) (kumaha damang a?)..
Kali ini saya membuat tutorial mudah membuat daftar isi otomatis dengan Ms Word, dari file-file yang terpisah tiap BAB-nya.. (Yang tidak terpisah juga bisa pakai tutorial ini) Memang sudah biasanya jika kita membuat skripsi, file setiap BAB itu terpisah. Hal ini kadang bikin bingung juga ketika semua bab sudah beres lalu mau membuat daftar isi. Tiap bab lanjutan harus melanjutkan halaman terakhir di bab sebelumnya yang berbeda file. Lalu ketika membuat daftar isi, kita harus lihat ada di halaman berapakah ini, halaman berapakah itu, dan ini dilakukan secara manual, sehingga cukup rentan terjadi kesalahan. Yang paling bikin kacau adalah ketika ada perubahan yang membuat halaman berubah. Satu perubahan saja bisa berantai efeknya, sehingga perlu banyak lagi yang diubah.
Dengan daftar isi otomatis Ms Word, masalah di atas bisa teratasi. Daftar isi akan dibuatkan dengan nomor halaman yang ditangani oleh sistem. Jika terjadi perubahan, cukup lakukan update field saja pada daftar isi.
Tutorial ini sekaligus berguna untuk menggabungkan file-file tiap BAB menjadi 1 file saja, dan penomoran halaman tetap berbeda antara daftar isi dan permulaan BAB 1. Tutorial ini juga bisa digunakan untuk membuat daftar isi otomatis (Automatic Table of Content) biasa, dari 1 file yang sudah ada. Baiklah, langusng saja kita mulai tutorialnya, mudah kok, hanya 19 langkah saja. Untuk daftar isi biasa, lewati langkah 1 sampai 12 dan langsung ke langkah 13.



  1. Buat Dokumen Baru
  2. Samakan Page Setupnya dengan skripsi kita
    1. Jangan lupa Paper Size nya juga
  3. Tulis Tulisan “DAFTAR ISI”  lalu tekan ENTER.
  4. Masuk Ke Tab Menu PAGE LAYOUT, Pilih Breaks ▼, lalu pilih Next Page.
  5. Masuk Ke Tab Menu INSERT, lalu pilih Page Number▼, lalu pilih Top of Page ▶, kemudian pilih Plain Number 3. (Sebenarnya posisi penomorannya bebas, ini hanya contoh)
    1. Setelah itu akan muncul nomer halaman dengan angka 2 (dua).
  6. Pilih Menu Page Number▼, lalu pilih Format Page Numbers...
  7. Pilih Start at: lalu masukan angka 1, kemudian klik OK.
  8. Setelah terlihat bahwa nomer halaman berubah menjadi angka 1, klik Close Header and Footer.
  9. Buka dokumen anda mulai dari BAB 1 lalu copy-kan dengan cara pilih semua (Ctrl+A) lalu Copy.
  10. Kembali ke Document1 (Daftar Isi), masuk ke tab menu HOME, Pilih tanda ▼ dibawah tombol Paste, lalu Pilih Icon yang memiliki keterangan Keep Source Formatting (K).
  11. Tekan [CTRL]+[ENTER] ketika kursor berada di akhir dokumen untuk menuju halaman baru.
  12. Lakukan copy-paste untuk BAB 2 dan seterusnya dengan cara yang sama.
  13. Pilih tulisan BAB I, masuk ke tab menu HOME, lalu klik kanan pada kotak Heading 1 (Styles), Kemudian pilih Update Heading 1 to Match Selection.
  14. Pilih pada tulisan sub bab anda, kemudian klik kanan pada kotak Heading 2, Kemudian pilih Update Heading 2 to Match Selection.
  15. Pilih sub bab berikutnya, lalu cukup klik saja pada Heading 2.
  16. Lakukan hal serupa untuk tiap judul bab, sub bab, sub sub bab, dst, dengan level heading yang sesuai. Untuk level sub yang baru, lakukan klik kanan pada kotak headingnya lalu pilih Update Heading to Match, sedangkan untuk level yang sudah ada, cukup klik saja heading yang sesuai.
    1. Judul Bab = Heading 1
    2. Sub Bab = Heading 2
    3. Sub Sub Bab = Heading 3
    4. Sub Sub Sub Bab = Heading 4
  17. Setelah proses tadi selesai, kembali ke halaman paling awal dan letakkan kursor di setelah tulisan DAFTAR ISI.
  18. Masuk Ke Tab Menu REFERENCES, lalu pilih Table of Contents▼, lalu pilih Automatic Table 1.
  19. Simsalabim, jadi deh! Tinggal diatur-atur formatnya sendiri.
Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.
~GJK

tags:
cara mudah membuat daftar isi
tutorial membuat daftar isi untuk skripsi
membuat daftar isi dari file terpisah
menggabungkan skripsi dan membuat daftar isi

Tidak ada komentar:

Populer minggu ini