Cari

Sabtu, 18 Juni 2011

Melihat "sisi kreatif" seseorang: Ayah

Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
(Wikipedia)

Siapa bilang kreativitas hanya milik para seniman?
Siapa bilang kreativitias hanya milik orang muda?
Siapa bilang orang sukses saja yang kreatif?
Menurut Carol K Bowman (Creativity in Business),
setiap
orang memiliki kreativitas. Bahkan, mereka yang sudah di atas 45
tahun sekalipun masih dianugerahi kemampuan untuk menjadi kreatif.
Pendeknya, selama otak masih berfungsi, kreativitas masih mengalir
dalam diri seseorang.
(http://cahayarumah.multiply.com/journal/item/73)


Ciri-ciri orang keratif:
  • Rasa ingin tahu yang tinggi.
  • Memunculkan ide orisinil.
  • Selalu bersemangat dan pantang menyerah.
  • Toleran terhadap ketidakpastian dan perubahan.
  • Fungsional, berguna dan bermanfaat.
(http://kurniasepta.blogdetik.com/ciri-ciri-orang-yang-kreatif/)

---
Yeah, seperti disebutkan sebelumnya, setiap orang memiliki kreativitas. Kita bisa melihat sisi kreatif seseorang, siapapun itu. Bahkan banyak sekali kratifitas dari orang-orang yang penulis kenal, dan itu baru yang terlihat oleh penulis. Dengan memperhatikan "sisi kreatif" seseorang, kita bisa terinspirasi dan termotivasi.

Walaupun kreativitas di sekitar penulis sangat banyak, kali ini penulis hanya akan membahas sedikit dari kreativitas seseorang, yaitu kreativitas Ayah kandung penulis.

Menurut penulis, Ayah adalah sosok yang sangat kreatif. Walaupun hanya seorang pegawai negeri yang tidak begitu memerlukan kreativitas, inovasi, ide, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan persaingan bisnis, kreativitas beliau tetap terus mengalir. Banyak hal-hal terlihat oleh penulis yang menunjukkan sifat kreatifnya. sedikit diantaranya adalah membuat desain dan denah rumah, berkreativitas dalam memperbaiki sesuatu, membuat kolam dengan penyaringan, dan membuat sesuatu yang bermanfaat.

Ayah adalah seorang sarjana ekonomi, tapi ia dapat menggambar desain, seperti arsitek saja. Ia melakukannya dengan kreativitasnya sendiri, tanpa sekolah arsitektur. gambar desainnya bagus bagus, bukan hanya denah rumah tapi juga benda-benda lain yang akan dibuat, contoh kecilnya seperti kandang. gambar tersebut menggunakan skala, seperti hasil desain seorang profesional. saat ini gambar-gambar desain yang beliau ciptakan sedang tidak ada di lingkungan penulis, jadi tidak bisa ditampilkan, mungkin lain kali ini bakal diupdate, insya Allah.

Ayah memiliki cara kreatif dalam memperbaiki sesuatu. contoh kecilnya, kemarin ia bisa memperbaiki pemanas air tanpa mengetahui seluk beluk mesin pemanas air itu sebelumnya.
Ia suka menyimpan barang-barang material kecil yang mungkin kalau orang biasa bilang benda itu tidak terpakai lagi. Benda itu suatu hari bisa ia "sulap" menjadi benda yang sangat usefull. contoh kecilnya ia memperbaiki keran air. Kemampuannya ini sangat berguna bagi kehidupan karena bisa memperbaiki sesuatu (atau setidaknya memperbaiki sementara) dengan langsung tanpa perlu menunggu tukang serfis.
Ia juga suka mengakali sesuatu agar fungsi yang diharapkan dapat tercapai dengan ide-ide yang brilian. hal ini menunjukkan kreativitasnya.

Satu ide keren yang akan penulis muat di sini adalah membuat kolam ikan dengan sirkulasi penyaringan yang bagus. ni aku coba gambar di paint, walau gak begitu jelas, tapi ya kira-kira beginilah sistem penyaringannya...
jadi kotoran yang di bawah bawah bisa kesaring.

memang kebanyakan hasil kreativitas ayah lebih mengutamakan fungsi, bukan penampilan, tapi, dengan bantuan ibu yang kreatif juga (ibu juga kreatif banget lho, tapi yang dibahas di sini ayah aja), keindahan dari hasil kreativitas ayah bisa terjaga. misalnya di atas penyaringan yang di kolam itu tadi, ibu lah yang memberi ide untuk meng-cover nya supaya terlihat bagus (walau tetap ayah yang mengerjakan), kemudian ibu memberi tanaman hias yang indah diatasnya. mungkin lain kali penulis cantumkan foto kolam nya, saat ini fotonya lagi gak ada di sini..

sekian saja sedikit bahasan kreativitas ayah, terima kasih sudah membaca ^_^

Siapa bilang kreativitas hanya milik para seniman?
Siapa bilang kreativitias hanya milik orang muda?
Siapa bilang orang sukses saja yang kreatif?

teruslah berkarya!!!

-----------------------------

penulis suka berkreativitas dalamm berbagai hal, ada game, software, music, dan lain lain bahkan sampe komik . komik ini banyak yang suka lho, Alhamdulillah bisa menghibur banyak orang ^_^

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wah ayah emang kratif..

triratna mengatakan...

Ditunggu kreativitas seorang anak

GJ mengatakan...

terima kasih...

@pak tri: iya semoga nanti saya punya anak kandung yang kreatif, amin.. (untuk saat ini, calon istri aja gak ada pak, haha)

Populer minggu ini